Dr. Ali Shariati


Dr. Ali Shariati?

Siapa itu?

Oke jadi gini ceritanya, beberapa hari yang lalu gua ikut di acara halal bi halal Gunung Manaon (kampung bokap gua), yah biasa lah acara ngumpul-ngumpul dan ajang ketemu sodara yang udah lama banget gak ketemu. Acara ini sebetulnya menjemukan bagi diri gua sendiri karena cuma gua yang berada di regional umur 20an, yang lain udah pada tua-tua banget lah. Alhamdulillah banget ada bang Asjrin (salah satu sepupu dari keluarga bokap) yang walaupun umurnya udah 40 tahun tapi tetep asik buat diajak ngobrol. Obrolan ngalir aja gitu sampe akhirnya ke topik bahwasanya gua mau berangkat haji tahun ini. Ya, haji, sebetulnya topik yang waktu itu bukan topik yang menarik untuk gua bahas, jujur karena sampai waktu itu gua masih ngerasa berat banget untuk melaksanakan ibadah itu. Tapi bang Asjrin dengan santainya bilang : "Chak, abis ini ke rumah gua lah, ada buku bagus buat lu baca sebelum berangkat haji." Pada saat itu gua udah berpikiran ini mungkin semacam buku panduan untuk naik haji atau semacamnya, tapi yah, berhubung udah diundang yaudalah gua ke rumah abang gua yang ada di sekitaran Kemang.

Sampe disana, abang gua langsung ngeluarin buku itu dari lemari bukunya. Judulnya sederhana "Makna Haji" dengan ilustrasi sederhana tanpa banyak grafis yang berlebihan di covernya. Pas dia nyerahin buku itu dia sempet bilang : "Tenang lah chak, ini buku bagus banget, worth to read lah dan gua yakin lu pasti suka". Gua pun sedikit kaget dengan sikap abang gua yang jarang-jarang ngasih rekomendasi kok kali ini sedikit ngotot? Apa memang ini buku bener-bener bagus? Itulah pertanyaan yang timbul di pikiran gua sebelum tidur setelah pulang dari rumah abang gua.

Paginya gua pun mulai coba baca buku itu, pelan-pelan gua baca mulai dari kata pengantar, prolog, lalu ngalir ke chapter satu... Hati gua bergetar hebat, ini bukan buku sembarangan! Disini diceritain filosofi dan makna tiap detail kegiatan haji, semua dengan bahasa yang indah dan sederhana. Gua bahkan nangis waktu baca beberapa bagian bukunya yang menyentuh gua, gua malu banget waktu itu kalo inget gua masih ada rasa berat hati untuk melaksanakan ibadah haji, ternyata ibadah haji itu maknanya dalam dan penting untuk menyempurnakan pengertian kita terhadap islam. Dalam 2 hari buku itu gua habisin, gua jatuh cinta. Tulisannya yang indah, filosofi yang dipaparkan di buku itu ngebuat pandangan hidup gua berubah banyak. Dari situ langsung gua cari siapa penulisnya, Dr. Ali Shariati. Dan hari itu juga gua browsing di internet untuk dapet informasi tentang dia, ternyata gak salah! Beliau adalah tokoh cendikiawan dari Iran, yang notabenenya sedikit berbeda dari mayoritas muslim didunia, karena di Iran rata-rata menganut paham Islam Syi'ah bukan Islam Sunni. Beliau tokoh revolusioner di jamannya, beliau banyak memberikan pemikiran baru untuk bangsanya dengan memberikan kuliah, meskipun sempat dipenjarakan karena dicurigai sebagai tokoh yang anti pemerintahan namun beliau tetap memiliki massa yang solid. Dr. Ali Shariati merupakan lulusan University of Sorbonne, Perancis. Di negara Eropa inilah dia melakukan banyak komparasi tentang teologi, beliau fokus kepada masalah agama, sosial-budaya dan sastra. Kuliahnya sangat diminati oleh mahasiswa, bahkan setelah keluar dari penjara beliau tetap ditunggu 6000 mahasiswanya yang sudah mendaftar di sebuah universitas di Iran. Buku-buku beliau sangat berbeda dari cendikiawan muslim lainnya, berimbang dan cerdas!

Gua yang udah jatuh cinta sama tulisan-tulisannya langsung coba mencari e-booknya dan alhamdulillah nemu, walaupun dalam bentuk HTML dan bahasa asing tapi udah cukup untuk memenuhi kerinduan gua akan bacaan-bacaan yang baik. Beberapa buku yang mulai gua baca adalah "A Message to the Enlightened Thinkers" dan "An Approach to Understanding of Islam" yang insyaAllah akan gua translate dan gua posting di blog ini dengan harapan gua bisa memberikan sedikit kontribusi, karena bagi gua, setelah membaca tulisan Dr. Shariati sepertinya diharuskan untuk menyebarluaskannya, bukan untuk dibilang syiar atau dakwah atau apalah, tapi untuk membuka wawasan yang baru tentang dunia sekitar kita.

Gua harap kedepannya gua mampu menerjemahkan seluruh buku dan naskah pidatonya untuk diposting disini. Semoga Allah yang memiliki seluruh pengetahuan tentang dunia dan seisinya memberikan kemudahan untuk niatan ini. Bismillahirrahmanirrahim.

nb : Untuk siapa saja yang ingin membaca buku-bukunya Dr. Ali Shariati bisa langsung menuju lamannya.

Untuk bukunya bisa ke :  http://shariati.org/kotob.html
Untuk naskah pidatonya bisa ke : http://shariati.org/speeche.html

No comments: